Kamis, 07 Februari 2013

Biografi Wayne Rooney



Wayne Rooney Biography


rooney
Wayne Rooney Mark (lahir 24 Oktober 1985 di Liverpool) adalah pemain sepak bola Inggris. Dia saat ini bermain untuk klub Liga Utama Inggris Manchester United dan tim nasional Inggris. Ia biasanya bermain sebagai striker kedua Ruud van Nistelrooy untuk tim klubnya sebelum pindah van Nistelrooy ke Real Madrid, meskipun selama 2005-06, ia menunjukkan fleksibilitas sebagai pemain dengan menggeser ke lini tengah dan bermain di kedua sayap. Dia memakai nomor 8 untuk Manchester United dan mengenakan nomor 9 tim nasional Inggris.

Rooney dibesarkan di daerah perkotaan timur Liverpool disebut Croxteth, di mana ia dan kedua saudaranya menghadiri De La Salle lokal Sekolah Katolik.

Tim masa kanak-kanaknya selalu Everton, cintanya untuk klub kotanya rumah itu terkenal melahirkan ketika ia mengenakan membaca T-shirt "Sekali, biru Selalu biru". Namun, ia akan berakhir hanya bermain dua musim dengan Everton sebelum menuntut, dan kemudian melaksanakan, transfer. Hal ini telah meninggalkan dia pada istilah yang tidak menguntungkan dengan fans Everton, karena mereka menunjukkan ketika ia kembali ke Goodison Park dan ia dicemooh parah.

Meskipun ia telah di bawah sorotan media yang intens sejak pertama kali tiba di tempat kejadian pada tahun 2002, tidak sampai penampilannya di Euro 2004 bahwa ia memperoleh reputasi di panggung dunia, saat ia memimpin serangan Inggris, mencetak empat gol. Rooney juga pada penutup dari permainan video yang 07 FIFA di Inggris.

Rooney juga telah dibandingkan dengan George Best dan Paul Gascoigne dalam hal bakat.

Wayne Rooney Kehidupan Pribadi

Wayne Rooney menikah dengan Colleen Rooney pada tanggal 12 Juni 2008. Mereka telah berpacaran selama enam tahun. Mereka memiliki anak pertama, Kai Wayne Rooney, pada tanggal 2 November 2009. Adiknya John Rooney juga merupakan pemain sepak bola profesional, bermain untuk Town Macclesfield.

Wayne Rooney di Premiership

Setelah unggul untuk anak sekolah Liverpool dan The Brownwings Dynamo, Rooney ditandatangani oleh Everton tak lama sebelum ulang tahunnya ke-11. Rooney menjadi terkenal nasional pada 19 Oktober 2002 ketika ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier pada 16 tahun dan 360 hari saat bermain untuk Everton (meskipun catatan ini sejak saat itu telah melampaui dua kali). Tujuannya melawan itu-juara Arsenal adalah pemenang menit-menit terakhir dan diakhiri 30 pertandingan tak terkalahkan sisi London. Pada akhir 2002 ia memenangkan Kepribadian BBC Sports Muda of the Year. Pada tanggal 26 Desember 2002 ia "mencapai" rekor menjadi pemain termuda yang pernah dikirim off dalam pertandingan Premiership. Ini juga rekornya hanya berdiri di buku Everton.

Timnas karir
Ia juga menonjol dalam pertandingan internasional terakhir Inggris, setelah menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk Inggris, dalam pertandingan persahabatan melawan Australia, pada tanggal 12 Februari 2003, berusia 17 tahun, 111 hari. Catatan ini telah dilakukan sejak dikalahkan oleh Theo Walcott, yang datang dari bangku cadangan untuk bermain di persahabatan Inggris melawan Hungaria pada tanggal 30 Mei 2006. Pemain termuda Inggris yang pernah sebelumnya untuk Rooney adalah James FM Prinsep dari Clapham Rovers, yang membuat debutnya hampir satu abad triwulan sebelumnya, pada tanggal 5 April 1879, berusia 17 tahun, 253 hari. Rooney juga merupakan pencetak gol Inggris termuda (17 tahun, 317 hari).

Reputasinya sebagai salah satu pemain yang paling menarik di dunia muda lebih ditingkatkan oleh penampilan mengesankan untuk Inggris di Euro 2004 di Portugal. Pada turnamen Rooney menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol di Eropa UEFA Football Championships, ketika pada tanggal 17 Juni 2004 ia mencetak dua gol melawan Swiss, meskipun pemain Swiss, Johan Vonlanthen, memecahkan rekor ini melawan Prancis empat hari kemudian. Sayangnya Rooney cedera di awal pertandingan perempat final melawan Portugal dan Inggris yang kemudian tersingkir melalui adu penalti.

Piala Dunia 2006 - Wayne Rooney

Ada kekhawatiran untuk kebugaran Rooney menjelang Piala Dunia FIFA 2006 setelah metatarsal keempat di kaki kanannya patah, mungkin di beberapa tempat, setelah tantangan yang tampaknya tidak berbahaya dari Paulo Ferreira selama 3-0 kekalahan Manchester United jauh di Chelsea pada tanggal 29 April 2006, menempatkan dia keluar dari tindakan untuk enam minggu diperkirakan. Ini juga merupakan pertandingan pertama ia bermain di 'Supremasi' re-merek Nike Jumlah 90. Keamanan boot itu pergi di bawah sorotan setelah banyak dianggap tidak aman untuk dipakai.

Scan tulang pada tanggal 25 Mei 2006 menunjukkan ia tidak akan diharapkan untuk kembali pada waktunya untuk hubungan grup Piala Dunia, dengan keputusan yang akan dibuat pada kembali ke pelatihan setelah permainan ini berlalu. Tak lama kemudian manajer internasional menegaskan ia akan melakukan perjalanan dengan skuad ke Jerman, dan akan kembali untuk memiliki lain scan tulang pada tanggal 7 Juni. Menjelang scan ini, Wayne mengaku merasa baik-baik saja dan "300% yakin" kebugaran sendiri. Rooney dilaporkan kembali, melakukan latihan ringan pada 2 Juni, bekerja pada menendang bola dan berlari.

Pada tanggal 7 Juni, Wayne Rooney menjalani scan kedua, dengan laporan mengatakan dia akan bermain di Piala Dunia ketika ia naik pesawat ke Baden-Baden untuk berkumpul kembali dengan skuad Inggris.

Pada tanggal 8 Juni, Sven-Göran Eriksson mengatakan bahwa ia adalah "cedera bebas" dan bahwa "ia hanya perlu untuk mendapatkan kembali kebugarannya sebelum dia bisa bermain". Eriksson mengisyaratkan kemungkinan keterlibatan dalam pertandingan penyisihan grup kemudian dan hampir pasti, harus Inggris kemajuan, di babak kedua kompetisi.

Pada tanggal 15 Juni, Sven-Göran Eriksson dan FA dokter menyatakan Rooney fit pada waktunya untuk pertandingan melawan Trinidad & Tobago. Sebelum pertandingan ada banyak spekulasi mengenai apakah kesehatannya akan mempertaruhkan dengan bermain dia di tahap ini, spekulasi itu berakhir ketika ia memasuki pertandingan di menit ke-58, menggantikan Michael Owen. Meskipun Rooney tidak mencetak gol, fans Inggris sangat antusias untuk melihat dia berjalan dengan kecepatan (seolah-olah ia adalah sesuai fit beberapa minggu sebelum izin medisnya) dan membuat kehadirannya terasa menyerang. Pada tanggal 18 Juni, Eriksson mengumumkan bahwa Rooney akan mulai pertandingan berikutnya Inggris. Rush Rooney ke dalam bermain adalah banyak yang cemas tim klubnya, Manchester United, yang khawatir bahwa pemulihan penuh akan terancam.

Pada tanggal 20 Juni, Rooney dimulai pada pertandingan terakhir grup, Inggris melawan Swedia, membantu Inggris untuk imbang 2-2.

Pada tanggal 25 Juni, Rooney sekali lagi mulai dalam permainan babak kedua Inggris (knock-out putaran) melawan Ekuador. Meskipun ia gagal mencetak gol, ia tampak hidup dan tampaknya sepenuhnya fit dan pasti fit.

Pada tanggal 1 Juli, Rooney diusir dari lapangan di kuarter final melawan Portugal saat berperang untuk kepemilikan dengan Chelsea dan bek Portugal Ricardo Carvalho. Rooney tampaknya cap di atas pangkal paha Carvalho dan diusir oleh wasit, Horacio Elizondo. Rooney kemudian mengumumkan, melalui serialisasi biografinya di Daily Mail, bahwa cap pada Ricardo Carvalho tidak disengaja. Ia hanya menjadi pemain Inggris ketiga yang akan dikirim dalam final Piala Dunia. Karena kartu merah, ia merindukan Euro pembukaan Inggris melawan Andorra 2.008 kualifikasi pada 2 September dan Makedonia pada tanggal 6 September.

 

Musim 2009-10

Pada tanggal 22 Agustus 2009, ia menjadi Manchester United Pemain 20 telah mencetak lebih dari 100 gol untuk klub, menemukan bersih dua kali dalam kemenangan tandang 5-0 di Wigan Athletic.

Penampilannya untuk Manchester United telah membuat banyak orang mengatakan bahwa ia adalah salah satu pemain sepak bola terbesar di dunia. Jika bukan pemain terbaik, maka dalam dua atas dengan Lionel Messi dari Barcelona

Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 adalah kekecewaan perbandingan untuk Wayne Rooney. Inggris kalah di babak kedua melawan Jerman, dan Wayne gagal menemukan bentuk yang besar dari musim domestik sebelumnya. Dalam memimpin hingga putaran final Piala Dunia, banyak spekulasi media menyarankan Wayne Rooney adalah kunci untuk kinerja Inggris yang baik. Hal ini dimungkinkan ini berat harapan dimainkan di pikiran Rooney.

2010/11 Musim

Pada bulan November 2011, Wayne Rooney mengejutkan penggemar dengan menyarankan ia siap untuk meninggalkan Manchester United, bahkan meningkatkan kemungkinan pindah ke Manchester City. Pada akhirnya, ia menandatangani kontrak dengan Manchester United pada kontrak baru membuatnya salah satu pemain dibayar terbaik di dunia. Dengan Manchester United, ia memenangkan Liga 4 nya medali pemenang Premier. Itu 19 Manchester United.

Kejuaraan Eropa 2012

Lain kejuaraan utama dissappointing. Rooney melewatkan dua pertandingan pertama karena suspensi, dan kemudian gagal untuk membuat dampak ketika ia datang. Ini capped musim dissappointing dengan Man Man City pipping MU ke gelar di menit terakhir musim ini.

Karir Statistik untuk Wayne Rooney

Total Klub Penampilan - 424. Jumlah Gol - 181
Jumlah Internasional Penampilan - 73. Jumlah Gol - 28
Statistik yang benar 22 Januari 2012

Klub Honours

Dengan Manchester United

Premier League (4): 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11
Football League Cup (2): 2005-06, 2009-10
FA Community Shield (3): 2007, 2010, 2011
UEFA Champions League (1): 2007-08
FIFA Club World Cup (1): 2008
Individu

PFA Players 'Player of the Year (1): 2009-10
PFA muda Player of the Year (2): 2004-05, 2005-06
Fans PFA 'Player of the Year (2): 2005-06, 2009-10
PFA Premier League Team of the Year (2): 2005-06, 2009-10
FWA Footballer of the Year (1): 2009-10


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More