Minggu, 10 Februari 2013

London, Kota Penuh Sejarah (1) - Moda Transportasi

Katanya sedang memasuki Summer, tetapi suhu udara sekitar 9 - 10 derajat Celcius, langit mendung, terkadang hujan rintik. Meskipun demikian, tetap asyik untuk menyusuri kota dengan berbekal jaket tebal dan peta kota London.

Sepanjang jalan ada saja yang menarik perhatian, karena bertebaran bangunan tua dengan
gaya bangunan yang menarik untuk dilihat. Jalan termasuk lengang, walaupun populasi kota London mencapai 10 juta jiwa. Tidak terlihat kemacetan ataupun asap kendaraan yang mengebul. Semua berjalan tertib dan bersih. Untuk memulai penjelajahan kecil ini, hal yang pertama perlu dikenali adalah Moda Transportasi.
Moda Transportasi.
Sistem transportasi kota London adalah yang paling komprehensif. Jalur kereta bawah tanah, disebut Tube, adalah yang paling mudah untuk diikuti dan jelas biayanya. Perlu sedikit waktu untuk memahami jalur kereta yang pertama kali dibangun pada abad ke-19. Dengan sedikit bertanya dan mencoba, maka akan memahami cara untuk berpindah dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Tiket satu kali jalan yang termurah adalah GBP 4.30. Ada pula tiket terusan dengan diskon.
1337696446637814089
Salah Satu Jalur Tube London
1337696539265770452
Interior Antik Stasiun Tube
Jika diperhatikan seksama akan terlihat lingkungan stasiun Tube yang bergaya antik, bernuansa tembok bata tanpa lapisan cat, khas abad silam. Berbagai fasilitas modern seperti Ticketing System, eskalator, dan CCTV mengingatkan kita berada di abad ke-21.n
13376992262031538170
London Cab
Moda transportasi yang lainnya adalah London Cab yang legendaris. Taxi ini bisa ditelusuri sejarahnya sampai pada abad ke-17 dimana masih berupa kereta kuda, dikenal sebagai Hackney carriage. Taxi atau London Cab bermesin diperkenalkan pada awal abad ke-20, versi kereta kuda dihentikan pengoperasiannya pada tahun 1947. Ongkos London Cab ini, seperti layaknya taxi, jauh lebih tinggi dari moda transportasi lainnya. Sebagai perbandingan, jarak kira-kira 3 km, argo menunjukkan GBP 11.00.
London Cab umumnya hitam mengkilat atau berwarna-warni, bagian penumpang lebih luas dari taxi sedan biasa. Ada tambahan dua tempat duduk yang menghadap ke belakang dan bisa dilipat.
Moda transportasi air di London adalah Thames River Cruise. Alat transportasi ini lebih ditujukan untuk wisatawan dan melewati beberapa tempat bersejarah seperti di Tower Bridge, Tower of London, London Bridge, London Eye, serta sederetan bangunan antik berusia ratusan tahun.
13376969561559195498
Thames River Cruise
Sungai Thames merupakan sungai yang terpanjang di England, 346 km, dan kedua terpanjang di United Kingdom. Pelayaran singkat dari Tower of London menuju Parliament House yang dikenal juga sebagai Westminster Palace  melewati dua kota tua yang berdampingan City of London and City of Westminster. Kedua kota inilah yang kemudian menjadi Greater London yang dikenal sekarang.
Tiket untuk Thames River Cruise bervariasi, karena ada berbagai paket dengan objek wisata lainnya. Sebagai gambarannya dari Tower of London menuju Parliament House, 30 menit, biayanya GBP 12.50.
Di sepanjang Thames River ada berbagai objek yang menarik yaitu Tower Bridge, London Bridge yang terkenal dan beberapa bangunan antik bersejarah, ada yang sudah berusia 400 tahun dan masih tetap kokoh serta digunakan.
13376973711637344394
Pemandang di tepi Thames River
Ada satu objek yang menjulang di tepi sungai Thames dan menjadi ikon wisata modern London, yaitu London Eye. Orang juga menyebutnya Ferris wheel, tingginya 135 meter, dibangun pada tahun 1999. Telah dikunjungi lebih dari 3,5 juta wisatawan. Harga tiket masuknya saat ini GBP 18.30 untuk dewasa.
1337697892296815038
London Eye
Wisatawan seringkali mengira antara Tower Bridge yang berdiri didepan Tower of London adalah London Bridge. Memang sebutan London Bridge sering terdengar, salah satunya dalam lagu anak-anak “London Bridge is Falling Down”, tentunya orang-orang mengharapkan bentuknya unik.  Tetapi London Bridge di abad ke-21 terlihat seperti jembatan besar pada umumnya. Malah Tower Bridge lebih menarik untuk ditatap, apalagi ketika jembatannya terangkat untuk dilewati kapal bertiang tinggi.
Bagaimanapun kedua jembatan itu memiliki sejarah panjang, sejalan dengan berkembangnya kota London. London Bridge mempunyai sejarah yang dapat ditelusuri sampai 2,00o tahun yang lalu ketika diduduki oleh Kerajaan Romawi. London Bridge modern diresmikan oleh Ratu Elizabeth II pada tanggal 17 Maret 1973, panjangnya 283 meter
1337700958391257039
London Bridge dari satu sisi
Tower Bridge dikonstruksi antara 1886-1894, merupakan jembatan suspensi yang membentang antara dua sisi sungai Thames, panjangnya 244 meter. Diberi nama Tower Bridge karena berdiri di depan Tower of London, benteng yang mempunyai sejarah lebih dari 1,000 tahun.  Merupakan pemandangan yang mengasyikan ketika menyaksikan dari kejauhan Tower Bridge diangkat dan turun kembali.
1337701433305081468
Tower Bridge berlatar mendung
Sepantasnya London dikatakan kota penuh sejarah, sejauh mata memandang ada saja objek sejarah yang bisa ditelusuri ratusan bahkan ribuan tahun lalu.
Salah satu objek yang menarik, masih di tepi sungai Thames adalah Cleopatra’s Needle, hadiah dari Kerajaan Mesir pada abad ke-19. Monumen ini berbentuk tugu batu dan memiliki kembaran di Paris dan New York. Sebenarnya monumen ini dibuat oleh Firaun Thutmose III, pemberian nama Cleopatra merupakan “kesalahan sejarah”, mungkin nama Ratu Cleopatra lebih terkenal dan disukai.
Firaun Thutmose III memerintahkan pembuatan monumen tersebut di tahun 1450 SM dan berdiri di kota Heliopolis, Mesir. Pada tahun 1819, monumen tersebut dihadiahkan oleh Muhammad Ali, penguasa Mesir dan Sudan saat itu, sebagai peringatan akan kemenangan Lord Nelson pada Pertempuran Sungai Nil dan Sir Ralp Abercromby pada Petempuran Alexandria tahun 1801.
Fakta sejarah yang menarik dari Cleopatra’s Needle adalah walaupun Kerajaan Inggris saat itu menerima dengan baik hadiah monumen tersebut, tetapi tidak mau membiayai pengirimannya dari Mesir ke London. Maklum, monumen batu tersebut beratnya 224 ton dengan tinggi 21 meter, pekerjaan yang sulit pada saat itu untuk memindahkannya. Apalagi harus menggalinya dalam timbunan pasir yang telah menguburnya selama 2,000 tahun.
Akhirnya, Sir William James Erasmus Wilson, seorang dokter kebangsaan Inggris membiayai pemindahan monumen tersebut di tahun 1877, 58 tahun setelah dihadiahi. Pemindahan dari kota Alexandria ke London menghabiskan GBP 10,000, suatu nilai yang sangat besar pada jaman tersebut.
Monumen tersebut terpendam di kota Alexandria karena dipindahkan dari Heliopolis oleh pemerintahan Romawi, masa Kaisar Agustus, abad ke-12 SM. Ditempatkan di Caesareum, sebuah kuil yang dibangun oleh Ratu Cleopatra untuk mengenang Julius Caesar dan Mark Antony.
Benar-benar hadiah yang penuh sejarah dan menjadi saksi bisu peradaban manusia di delta sungai Nil.
13377043422108786697
Cleopatras Needle
London memiliki ikon transportasi yang sangat terkenal di beberapa bekas koloninya, seperti di Hong Kong dan Singapore. Double Decker Bus, dikenal juga sebagai Routemaster, umumnya berwarna merah dan bertingkat. Saya hanya memandangi bus-bus tersebut lewat, tidak sempat mencoba.
13377048211884627221
London Bus dari kejauhan
Sekarang coba tebak, moda transportasi umum apa yang terbaru di kota London ? Diresmikan penggunaannya untuk publik pada tanggal 30 Juli 2010. Jawabannya, SEPEDA. Transportasi umum bertenaga otot ini diberi julukan “Boris Bike”, karena diperkenalkan oleh walikota London, Boris Johnson.
Sepeda sewaan ini ditempatkan dibeberapa lokasi umum dengan warna biru cerah dan bertulisan Barclays, maka disebut juga Barclays Cycle Hire. Proyek transportasi ramah lingkungan ini disponsori oleh Barclays Bank.
Penyewaan sepeda menggunakan sistem elektronik dengan kunci elektronik dan dapat dibayar dengan Kartu Kredit atau Kartu Prabayar. Setiap docking station dilengkapi dengan layar sentuh untuk melakukan penyewaan dan pengembalian. Penggunaan dibawah 30 menit, gratis. Biaya sewa 1 jam GBP 1, naik berjenjang sampai GBP 50 untuk 24 jam. Denda keterlambatan pengembalian ke docking station GBP 150, sepeda rusak atau hilang denda GBP 300. Semua transaksi denda lewat Kartu Kredit atau Kartu Prabayar.
1337706896813359785
Boris Bike
Konsep sewa sepeda ini sangat berguna, apalagi untuk jarak pendek. Masyarakat London juga sangat antusias, terlihat pada sepuluh minggu pertama pengoperasian, pengguna mencapai 90,000 orang dan 1 juta transaksi penyewaan. 95% penyewa pada masa itu menggunakan dibawah 30 menit, alias gratis, artinya tidak ada pendapatan untuk operator.
Pemerintah London tetap mempertahankan moda transportasi sepeda ini, walaupun merugi dan menanggung biaya perbaikan dan pencurian. Saat ini ada sekitar 8,000 sepeda yang beredar di publik London. Gambaran pemerintahan yang konsisten dan mempunyai visi jangka panjang.
Secara umum jalan-jalan tidak terlalu padat, tertata rapi dan teratur. Sistem kereta bawah tanah sangat memudahkan, biarpun untuk turis yang buta sama sekali tentang kota London. Pemerintah juga memperlihatkan komitmen untuk melayani masyarakat dengan fasilitas terbaik.  Biaya transportasi di London tergolong mahal, tetapi nyaman dan aman.
Bersambung ….. berikutnya Kastil Berhantu dan Berlian Sebesar Telur Ayam……

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More